Cara Membuat Rangkaian Lampu LED Untuk Motor

Inilah saatnya bagi saya untuk membahas tentang cara membuat rangkaian lampu LED untuk motor yg mana hal ini mungkin akan berguna bagi anda yang ingin membuat motornya tampil keren dan berbeda dengan motor-motor lainnya.
Cara Membuat Rangkaian Lampu LED untuk motor
Mungkin saja ada pertanyaan mengapa mesti ditukar lampu LED? Bila saya pribadi argumen ganti lantaran lampu rem motor kerap putus, mungkin saja lantaran siang malam lampu senantiasa on. Argumen ke-2 lampu LED lebih irit listrik & tidak keluarkan panas hingga ramah lingkungan dengan part motor. Diluar itu lampu LED lebih cepat menyala hingga pas untuk lampu rem yg berperan memberi tahu pengendara-pengendara dibelakang secepat-cepatnya, tidak seperti lampu bohlam umum yg ada delay untuk menyala. 

Berikut Cara Membuat Rangkaian Lampu LED Untuk Motor


Untuk membuat rangkaian lampu LED pertama komponen yang dipakai yang pasti lampu LED. lampu LED yg dipakai kesempatan ini yaitu lampu LED berwarna merah yg kacanya bening, lantaran type ini cahayanya lebih jelas :

Lampu LED terbagi dalam 2 kaki, kaki yg paling panjang adakah kaki positif yg nanti bakal kita sambungkan dengan sumberdaya yakni accu/aki. Lampu LED cuma perlu 3 volt untuk menyala, sedang aki sediakan daya 12volt. Bila LED dikaitkan segera ke aki, LED bakal rusak/mati lantaran keunggulan arus listrik. Oleh karenanya perlu resistor untuk menahan arus listrik, resistor yg dipakai kesempatan ini yaitu resistor yg bernilai 1 ohm, cirinya ada pada warna di body resistor yakni warna coklat, hitam, emas, emas.. :
Resistor juga umum dimaksud tahanan atau kendala, jadi fungsinya untuk menghalangi arus aki yg semula 12volt jadi 3volt hingga arus ideal untuk dikonsumsi ampu LED. 2 komponen inilah yg jadi komponen paling utama bikin rangkaian LED.
Satu diantara kaki resistor nanti dikaitkan dengan kaki postif (kaki panjang) LED1, setelah itu kaki pendek LED1 dikaitkan dengan kaki panjang LED2, demikian selanjutnya hingga 4 LED seperti gambar di bawah :
Jadi 1 LED 3 volt dikali 4 akhirnya 12 volt, cocok kan.. karena sebenarnya arus aki jg berubah-ubah apabila motor digerakkan, arus dapat kian lebih 12 volt oleh karenanya butuh ditahan oleh resistor 1ohm. 

Nah.. setelah itu kita mendesain wadah untuk lampu-lampu LED tersebut sesuai sama bentuk lampu belakang motor, misalnya untuk Yamaha scorpio seperti ini :
Media yang dipakai dapat terbuat dari plastik sisa, umpamanya spakbor tempat CDgame. Sesudah plastik itu dibuat.. lubangi plastik itu sesuai sama kotak-kotak hijau. Jadi 1 kotak hijau yaitu tempat untuk 1 rangkaian 4LED tadi serta sesuai sama gambar ada 8 kotak hijau, jadi kita perlu bikin 8 rangkaian 4LED. Untuk keseluruhnya kita perlu 32 lampu LED (satu lampu LED seharga lebih kurang Rp500). 

Bagaimana caranya memadukan 8 rangkaian 4LED? 

Saat ini tinggal buat dahulu rangkaian 4LED 8 buah selalu hubungkan lewat cara melilitkan 8 kaki resistor dengan 1 kabel warna merah & 8 Kaki LED dengan 1 kabel warna hitam seperti gambar di bawah :
Bila dapat gunakan solder, dapat pula menghubungkan kaki-kaki resistor serta kaki-kaki negative LED tadi dengan masing-masing satu kabel yg sudah dikelupas isolatornya seperti gambar di bawah, titik-titik biru yaitu timah hasil penyolderan.
Pengalaman kemarin-kemarin pada saat buat bila ingin disolder janganlah kelamaan manasin timah di kaki-kai LED lantaran LED dapat rusak. Langkah lain terkecuali di solder dapat jg di jepit dengan plat seng. Langkahnya gunting seng almunium sisa softdrink atau apa pun berupa persegi panjang, lengkungkan seperti lingkaran/tabung, input ke 2 kaki yang ingin disambung selalu jepit dengan tang seperti ini :
Gambar-gambar diatas hanya diagram serta contoh belum pasti aslinya berupa seperti itu, lantaran sebenarnya nanti LED-LED serta resistor-resistor itu kita rangkai di atas pola plastik tadi. Yang utama dari uraian di atas kita dapat tahu bagaimanakah lampu-lampu LED itu dapat menyala. 

Setelah nanti kaki-kaki 8 rangkaian 4LED tadi dikombinasi jadi 2 kabel selalu segera disambungkan ke aki maka bisa nyala?

Itulah pembahasan mengenai cara membuat rangkaian lampu LED untuk motor, semoga ini dapat berguna bagi kita semua khusunya bagi anda selaku pembaca artikel ini. Semoga berhasil

0 Response to "Cara Membuat Rangkaian Lampu LED Untuk Motor"

Posting Komentar